Cara Bermain Game Windows di Linux






Pada postingan kali ini saya akan membagikan cara bermain game windows di linux..
Inilah langkah demi langkahnya :

Pertama, buka terminal(CTRL+ALT+T) dan jalankan command ini,

sudo apt-get remove wine

Lalu kita akan menghapus folder .wine

cd /home/(username)
sudo rm -rf .wine

Ini kita lakukan untuk menghapus Wine yang telah ada, dan mereset konfigurasinya agar bisa kita utak-atik. Berdasar pengalaman saya dulu, saya install Wine secara biasa tanpa utak-atik, memang sih aplikasi Windows nya jalan, tapi untuk bermain games, tetep gak bisa.

Lalu kita instal lagi Wine dengan versi terbaru dan stabil,

sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa

sudo apt-get install wine



Sekarang, jika proses diatas telah selesai, anda sudah berhasil memasang Wine. Tetapi kita disini perlu sedikit utak-atik agar games nya bisa berjalan dengan baik.


Konfigurasi

Buka terminal, jalankan command ini,

winecfg

Ini akan membuka pengaturan Wine, sekaligus akan membuat folder .wine di home direktori kita(foldernya tersembunyi, tekan CTRL+H untuk melihat yang hidden ). Pengaturan Wine jangan diutak-atik dulu, langsung tutup aja.

Kita mesti install winetricks dulu,

cd /home/(username sobat)/.wine

wget http://www.kegel.com/wine/winetricks

Lalu masukkan command ini,

sudo chmod +x ./winetrickbus

Sekarang kita perlu menginstall semua DLLs ato Libraries yang diperlukan, jalankan command dibawah,

./winetricks d3dx9
./winetricks winxp 
./winetricks sound=alsa 
./winetricks vcrun2008 
./winetricks dotnet20 
./winetricks corefonts
Ket :
~d3dx9, akan menginstall directx 9, kalo anda punya offline installernya, silahkan di install, jadi d3dx9 tidak usah disertakan di command diatas
~vcrun2008/dotnet20, akan menginstall jantung nya si Windows

Sekarang kalo semua diatas selesai, kita hampir selesai. Tapi kita masih perlu sedikit settingan, jalankan command ini untuk membuka regedit nya Wine,

wine regedit

Buka HKey_Current_User->Software->Wine, lalu sobat buat sebuah Key baru dan beri nama Direct3D. Kalo sudah tambahkan string-string baru didalamnya dengan yang ini,

“DirectDrawRenderer”="opengl”
“Nonpower2Mode”="repack”
“OffscreenRenderingMode”=”fbo”
“RenderTargetLockMode”=”auto”
“UseGLSL”=”readtex”
“VertexShaderMode”=”hardware”
“VideoDescription”=”INTEL HD 4000” (ubah ini jadi nama graphics nya anda)
“VideoDriver”=”ati2dvag.dll”
“VideoMemorySize”=”256″ (ubah ini menjadi sesuai dengan memori graphics anda)


jika tutorial ini kurang jelas, anda dapat menonton video tutorial dibawah ini :



Atau jika anda punya pertanyaan atau saran dapat mengomentari postingan ini..

SELAMAT MENCOBA



SHARE

muhammad ilham

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. min, itu tutorialnya dalam keadaan terkoneksi internet atau engga?

    BalasHapus
  2. Game windows apa saja contohnya.? seperti dota, point blank dll apa bisa?

    BalasHapus
  3. silahkan tutorial tersebut diterapkan terlebih dahulu gan..

    BalasHapus